Selasa, 11 Mei 2010

Membuat Keputusan Yang Benar

Oleh Diyah Kusumawardhani

Pernah gak sih Sob mengambil keputusan yang menurut semua orang merupakan keputusan yang buruk dalam hidupmu? Keputusan atau sikap yang memiliki resiko berbahaya yang sangat tidak disarankan. Pasti Sob pernah berada di posisi ini dengan konteks permasalahannya masing-masing. Tapi pernah gak Sob berpikir, bahwa tidak ada keputusan yang salah? Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini eL-Ka akan meringkaskan kiat-kiat yang terdapat dalam buku Whatever You Think, Think The Opposite-nya Paul Arden buat Sob semua.

Ide Orisinal

Mungkin orang akan berpikir bahwa apa yang akan kamu lakukan itu gak masuk akal. Tapi kamu harus berani berinovasi atasnya. Berani melakukan sesuatu yang gak mainstream, alias gak seperti arus utama. Berani membuat ide yang orisinal yang kadang dianggap sebagai sesuatu yang tidak modis, tidak cocok dengan zamannya, dan sesuatu yang mungkin akan dinilai salah. Sebab memang tidak ada sudut pandang yang benar, karena semua sudut pandang sifatnya relatif.

Unordinary Decission

Paul Arden bilang: ”Bukan karena Anda mengambil keputusan yang salah, tetapi karena Anda mengambil keputusan yang benar. Kita mencoba membuat keputusan yang masuk akal berdasarkan fakta yang terpampang di depan mata. Yang menjadi persoalan dengan keputusan yang masuk akal adalah semua orang juga berpikiran sama.” Jadi, ambillah keputusan yang mungkin hanya bisa diimpikan oleh orang lain.

Jangan Sesali

Karena hidup adalah tentang mengambil keputusan, maka lebih baik menyesali apa yang telah kamu lakukan, daripada menyesali apa yang tidak pernah kamu lakukan.

Jangan Bermain Aman

Orang yang bermain aman biasanya akan lebih mudah jatuh ketimbang yang bermain dengan penuh resiko yang tidak masuk akal. Kata George Bernard Shaw nih Sob: “Orang yang masuk akal mengadaptasikan dirinya dengan dunia. Orang yang tidak masuk akal mengadaptasikan dunia dengan dirinya. Semua kemajuan bergantung pada orang yang tidak masuk akal.”

Ambil Tanggung Jawab

Bertanggung jawablah atas keputusan yang kamu buat. Dan untuk menyempurnakan keputusanmu tadi, lakukan perbaikan-perbaikan sambil jalan.

Buktikan

Buktikan kalau keputusan yang Sob ambil bukanlah keputusan yang salah. Buktikan juga kalau Sob mampu menanggung konsekuensi dari keputusan Sob tadi. Buktikan juga bahwa keputusan Sob tadi bukan saja bermanfaat buat Sob, tapi juga untuk orang-orang di sekitar Sob. Gimana cara membuktikannya? Dengan bekerja tentunya. Bekerja keras mewujudkan mimpi-mimpi Sob yang bermula dari keputusan yang kata orang ‘buruk’ dan ‘salah’ tadi.

Tidak ada komentar: